Eropa Selatan

13 Tempat wisata Tzoumerka dan Ioannina di Yunani, dalam 5 Hari | Indohollandtours.blog


Indohollandtours.blogDi bagian Barat-Laut negara Yunani, terdapat wilayah bernama Epirus. Jika berangkat dari Schiphol Amsterdam, transit di Bandara Athens dan melanjutkan penerbangan domestik tujuan Ioannina National Airport, Yunani.

 

DAFTAR ISI

13 Tempat wisata:

Epirus adalah sebuah wilayah yang terletak di bagian Barat-Laut negara Yunani, persisnya diantara pegunungan Pindos dan Laut Ionia. Karena perpaduan pegunungan dan laut, panorama alam wilayah Epirus pun semakin mempesona. Panorama seperti panorama laut, lembah, hutan-hutan, danau, dan panorama pegunungan yang kian hari tampak menawan.

Pegunungan dan sungai dilintasi oleh jembatan berlengkung yang indah. Pesona alamnya tampak belum banyak tersentuh. Makanya tempat sering dianggap oleh pelancong internasional, sebagai tempat wisata yang ideal untuk jenis wisata alternatif.

Karena kaya akan alam, maka wilayah Epirus tak henti-hentinya menyelenggarakan beragam kegiatan outdoorseperti kegiatan pendakian gunung, ski, hiking, bersepeda gunung, kayak, arung jeram, kano dll.

 

Yuk, langsung ke topik sesuai judul “Kunjungi 13 tempat wisata Tzoumerka dan Ioaninna di Yunani dalam 5 Hari”:

 

Kemana aja sih 13 Tempat wisata tersebut?

 

Tzoumerka

Di daerah Tzoumerka ada sekitar 47 desa. Dimana daerah memiliki budaya dan bangunan-bangunan bersejarah, yang dikenal sebagai Tzoumerkochoria.

Disana rakyat hidup secara sederhana. Mereka tinggal di desa, yang desa-desa eloknya nangkringdi lereng pegunungan nan indah.

 

#1 Syrrako

Syrrako dibangun pada sekitar abad ke-15 M. Desa masih mempertahankan arsitektur tradisional Epirus. Rumah-rumah terbuat dari batu bertingkat dengan atap batu tulis. Di desa Syrrako tidak ada kendaraan bermotor, ini yang mepertahankan warna tradisional tetap utuh.

Desa Syrrako di huni oleh petani, pengrajin dan perdagangan ternak. Selama periode Ottoman, setelah tahun 1480 perkembangan ekonomi warga mulai berkembang pesat.  

Desa Syrrako memiliki padang rumput luas sekitar 75 hektar. Tujuan luasnya padang rumput membantu penduduk agar bisa mencapai jumlah domba dan kambing hingga ribuan. Yang ini nantinya akan menghasilkan sejumlah besar produk ternak dan kain wol.  

Dengan semangat besar dan keahlian warga Syrrako dalam hal mendesain dan menjahit jubah. Mereka mulai mendatangi pusat-pusat perbelanjaan terbesar di negara Balkan dan wilayah-wilayah dibawah kendali negara Ottoman. Disanalah warga Syrrako mulai memperkenalkan produknya.

Koleksi photo Desa Syrrako: disini

 

Desa Syrrako Tzoumerka, Yunani, Eropa

2019 – Desa Syrrako, Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

 

Desa Syrrako Tzoumerka, Yunani Eropa

2019 – Desa Syrrako, Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

#2 Biara Kipina

Di Tzoumerka ada sebuah Biara paling mengesankan, yaitu Biara Kipina atau Kipina of Monastery.

Biara dibangun untuk menghormati bunda Maria yang diangkat ke syurga, dan tepatnya di bangun pada tahun 1212.

Posisi Biara terjepit ditengah tebing-tebing tinggi berbentuk vertikal, makanya biara sulit di lacak. Di Biara ada sebuah titi gantung serta goa sedalam 240 meter. Konon, tujuan dibangunnya titi gantung dan goa, guna perlindungan dari serangan.

Koleksi photo Biara Kipina: disini

Biara Kipina Tzoumerka, Yunani, Eropa

2019 – Biara Kipina Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

 

Biara Kipina Tzoumerka, Yunani Eropa

2019 – Biara Kipina Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

#3 Air terjun Kouiasa

Lebih kurang 7-10 menit jalan kaki dari Biara Kipina, akan bertemu dengan air terjun, yaitu Air terjun Kouiasa. Di sekitar Air terjun ada sebuah mata air indah dan menyejukkan. Otentik pesona alam Tzoumerka!

Koleksi photo Air terjun Kouiasa: disini

Air terjun Kouiasa Tzoumerka Yunani, Eropa

2019 – Air terjun Kouiasa Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

 

Air terjun Kouiasa Greece, Europe

2019 – Air terjun Kouiasa Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

Kalarrytes

Adalah sebuah desa, tempat asal pembuat perhiasan terkenal Bulgari.

Kalarrytes juga dijadikan sebagai pusat pengembangbiakan ternak terpenting di daerah Tzoumerka.

Selain itu, terlepas dari sektor peternakan dan perdagangan, penduduk Kalarrytes juga mengembangkan ketrampilan menjahit, seni tekstil, bordir emas, dan menjadi pengrajin perak yang trampil. Sektor yang membuat mereka bangga!

 

#4 Goa Anemotrypa

Anemotrypa Cave atau Goa Anemotrypa punya stalagmit bepahat unik. Di dalam goa ada tiga kolam bernuansa abu-abu, kuningan dan putih. Diman bentuk dan nuansa tersebut telah terbentuk selama bertahun-tahun. 

Koleksi photo Goa Alemotrypa: disini

 

Alepotrypa Yunani, Eropa

2019 – Goa Alepotrypa, Yunani | IndoHolland Tours

 

Goa Alepotrypa Yunani, Eropa

2019 – Goa Alepotrypa, Yunani | IndoHolland Tours

#5 Desa Tsopela

Sebuah desa, dimana George Polyzos, seorang pengrajin perhiasan di era 50-an yang memiliki studio sendiri di desa ini. Selain itu, beliau juga telah menciptakan alat-alat musik tradisional, generasi tempo doeloe.

Koleksi photo Desa Tsopela: disini

 

Desa Tsopela Tzoumerka, Yunani Eropa

2019 – Desa Tsopela, Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

 

Desa Tsopela, Tzoumerka Yunani, Eropa

2019 – Desa Tsopela, Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

#6 Pramanta

Ini adalah pusat wilayah Tzoumerka yang memiliki populasi sekitar 800 penduduk. Tapi apabila di musim panas akan melebihi jumlah dari 1500 jiwa, termasuk wisatawan. Terutama wisatawan asal Jerman dan Israel paling gemar berlibur kemari.

Bagi pecinta daerah pegunungan, patut berkunjung kemari. Karenaa tempat ini sekarang sudah menjadi menjadi resor liburan pegunungan paling populer. Desa tradisional namun memberi leluasa akan gaya hidup moderen.

Permukiman Pramanta berkembang pada abad ke-15. Sebagian mata pencaharian penduduknya adalah sebagai pemahat batu. Apabila musim panas tiba, pekerja pemahat batu di Yunani harus melewatkan seluruh musim panas mereka untuk membangun karya batu-batunya.

Namun, seperti di desa-desa lainnya di Tzoumerka, kebanyakan mata pencaharian mereka adalah sebagai peternak, ini karena wilayah memiliki padang rumput yang kaya.

Koleksi photo Pramanta: disini

Koleksi photo Gunung Pramanta: disini

Pramanta Tzoumerka, Yunani, Eropa

2019 – Pegunungan di Pramanta, Yunani | IndoHolland Tours

 

Gunung Pramanta Tzoumerka, Yunani, Eropa

2019 – Pegunungan di Pramanta, Yunani | IndoHolland Tours

#7 Desa Agnanta  

Ini juga salah satu desa yang besar di Tzoumerka. Di desa Agnanta ada kincir air tradisional yang masih berfungsi dan tentu masih dilestarikan. Selain itu, desa juga punya museum cerita rakyat, dimana didalam museum memamerkan unsur-unsur kehidupan tradisional para penghuninya.

Koleksi photo Desa Agnanta: disini

Agnanta village, Tzoumerka Greece, Europe

2019 – Desa Agnanta, Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

#8 Desa Katarraktis

Desa Katarraktis adalah bagian dari kotamadya Tzoumerka tengah, Epirus. Nama desa berasal dari nama Air Terjun kembar yang terletak hanya 5 km dari desa katarraktis.

Menurut sumber lokal, bahawa air di Air terjun Katarraktis mengalir hanya dari bulan Oktober hingga Juni saja. Jadi apabila di musim panas, air terjun gak mengalir, makanya jadi kering. 

Koleksi photo Air terjun Katarraktis: disini

 

air terjun Katarraktis Tzoumerka Yunani, Eropa

2019 – Air terjun Katarraktis Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

#9 Desa Elliniko

Di desa tradisional Elliniko ada sebuah rumah, biasa disebut “Rumah Bapak Theodoros Papagiannis”. Jadi kabarnya, dulunya, beliau mengumpulkan para-para ahli seni pahat moderen, serta tim-timnya di tempatkan di rumah ini, bekerja dirumah ini, bertujuanan menceritakan tentang Epirus dan sejarahnya melalui seni patung.

Seiring dengan jalannya waktu, kini Bapak Theodoros Papagiannis telah mengubah sekolah tuanya menjadi sebuah museum, yaitu “Theodoros Papagiannis Museum”. Dimana beliau dengan bangga menyimpan beberapa karya-karya patung terkenalnya di museum ini. Museum dapat dikunjungi oleh umum.

Koleksi photo Desa Elliniko: disini

 

Museum Papagiannis Tzoumerka, Yunani, Eropa

2019 – Theodoros Papagiannis Museum Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

#10 Biara Tsouka   

Dekat desa Elliniko ada sebuah biara Gereja Ortodok Yunani, bernama Biara Tsoukka atau Tsouka Monastery. Biara di dedikasikan untuk Kelahiran Bunda Maria. Hingga kini, tempat ini adalah tempat ziarah terpenting di Epirus. Biara dibangun pada tahun 1190, dihancurkan pada tahun 1736 dan dibangun kembali pada tahun 1779.

Lokasi biara berdiri diatas tebing curam, dengan pemandangan luar biasa indah mengarah ke Ngarai Arachthos.Di mana pelancong dapat menikmati pemandangan sungai yang menakjubkan.

Koleksi photo Biara Tsouka: disini

 

Biara Tsouka Tzoumerka, Yunani Eropa

2019 – Biara Tsouka, Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

 

Biara Tsouka Tzoumerka, Yunani Eropa

2019 – Biara Tsouka, Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

#11 Meteora

Di Kotamadya Meteora terdapat sebuah komplek berisi biara-biara. Biara-biara ini memiliki peran paling penting di negara Yunani, yang sudah merupakan bagian dari SITUS WARISAN DUNIA (UNESCO).

Pada abad ke-16 ada banyak biara-biara, tujuan dibangun untuk memfasilitasi beberapa biksu dan biarawati yang mengikuti ajaran Gereja Ortodoks Timur.

Koleksi photo Biara Meteora: disini

Baca juga: Biara di Meteora ngambang diatas tebing-tebing raksasa

 

Meteora Ioannina, Yunani Eropa

2019 – Meteora, Yunani | IndoHolland Tours

 

Meteora Ioannina, Greece Europe

2019 – Meteora, Yunani | IndoHolland Tours

  

#12 Kastil Ioannina

Di kota tua Ioannina terdapat sebuah benteng tertua Yunani, yaitu benteng Byzantine.

Apabila memasuki gerbang besar kastil, dsana terlihat sebuah lambang Ali Pasha (seorang penguasa pada periode Ottoman di daerah tersebut, pada akhir abad ke-18).

Didalam Kastil Ioannina ada sebuah Museum pandai perak, Masjid tempat beribadah umat Muslim, Sinagoge tempat beribadah orang Yahudi, serta Gereja tempat ibadah umat Kristen. 

Koleksi photo Kastil Ioannina: disini

Koleksi photo Pulau Ioannina: disini

Ioannina Yunani, Eropa

2019 – Kastil Ioannina, Yunani | IndoHolland Tours

 #13 Arung jeram di Sungai Arachthos  

Arung jeram di sungai Arachthos.

Sungai Arachthos adalah salah satu sungai terbaik di Yunani untuk kegiatan arung jeram. Makanya Sungai Arachthos sering dianggap sebagai titik awal yang ideal apabila ingin melakukan arung jeram.

Saat ber-arung jeram, nikmati pemandangan jurang, hutan dan alam yang spektakuler di sekitarnya. Sekaligus pelancong akan dapat melihat Jembatan Politsa. Jembatan Politsa merupakan jembatan batu yang dibuat oleh seorang tukang batu terkenal, asal Tzoumerka.

Koleksi photo Arung jeram di Sungai Arachtos, Tzoumerka: disini

 

Sungai Arachtos Tzoumerka, Yunani Eropa

2019 – Arung jeram di sungai Arachthos, Tzoumerka, Yunani | IndoHolland Tours

 

 

Dibawah ini penginapan yang rekomen selama di Tzoumerka, Yunani.

 

Penginapan bintang-lima: Hotel Orizontes Tzoumerkon*****
Penginapan bintang-lima: Hotel Princess Lanassa*****
Penginapan lokal: Casa Calda Guesthouse
Penginapan lokal: Rodami Traditional Guesthouse & Hotel Alexandra

Kegiatan Arung jeram: Epirus Adventures
Restoran lokal: Stalisma Rooms, Lazaina

 

Media sosial IndoHolland Tours 

 

Fanspage Facebook EP Travel Blogger

 

 

YouTube

Kunjungi 13 tempat wisata Tzoumerka dan Ioaninna di Yunani dalam 5 Hari

Cuaca di Yunani

Yunani memiliki iklim lebih panas di bandingkan di Belanda. Meskipun demikian, pelancong harus tetap memeriksa ramalan cuaca sebelum liburan Eropa di mulai. Karena cuaca di Eropa kadang tidak dapat di prediksikan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ramalan cuaca di Yunani, bisa klik di Ramalan cuaca Yunani. 

 

Siapa tau, artikel “Kunjungi 13 tempat wisata Tzoumerka dan Ioaninna di Yunani dalam 5 Hari” berguna. Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau Pariwisata Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

 

Happy traveling! ^_^

 

www.indohollandtours.COM
www.indohollandtours.BLOG

 

 

 

 

 

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda dan paket Wisata Eropa. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Eropa, berangkat dari Belanda.

 

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Eropa dari Belanda bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Eropa Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit


Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di 
IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri. 

IndoHolland Tours akan mengurus semua paket wisata Belanda. Dan rute berangkat dari Belanda sampai ke destinasi Eropa. Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

 

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

2 replies »

  1. Halo, senang bisa (gak sengaja) menemukan blog ini dan tulisan2 menarik di dalamnya 🙂 very nicely-written indeed, apart from those gorg pics. Salam kenal dari follower baru!

    Like

Leave a Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s