VISA

Pengalaman Ngurus Visa Inggris Sendiri | Indohollandtours.blog


Indohollandtours.blog – Ngurusin visa memang bukan hal yang gampang, kadang-kadang bisa jadi horror kalau visa di tolak. Tapi kalo gak di coba, kenapa langsung bilang horror? Ternyata semuanya memang harus dicoba dulu.

Tak jauh beda dengan saya, deg-deg serrrr mau ngajuin visa, ke Inggris pula!!!

Tapi tetap saya coba.

Bagaimana hasilnya? Ternyata tidak sesulit seperti yang saya bayangkan!

Pengalaman ini adalah pengalaman sendiri, semuanya di urus sendiri.
Situasi saya adalah, seorang WNI pemegang paspor RI namun memiliki hak untuk tinggal menetap di negeri Belanda. Orang bilangnya punya “PR” atau kartu Residence Permit.

 

INFORMASI HARGA

Sebelunya saya mau bagi informasi perihal beragam harga, karena selain biaya pengajuan Visa, ada bermacam pelayanan yang GOV.UK sediakan. Seperti misalnya, biaya kurir jika ingin dokumen dikirim lewat post. Biaya prin, jika kamu mau semua dokumen di prin di Kantor perwakilan Kedutaan. Kalau tidak mau bayar jasa prin, maka kamu harus memilih “SELF SERVICE”, sehingga tidak memakan biaya banyak. Untuk informasi beragam biaya-biaya, coba klik disini Added Value Service

 

BIAYA PENGAJUAN VISA YANG SUDAH SAYA BAYAR

Biaya Pengajuan Visa: €116
Biaya kurir ngirim paspor dari TLSContact Amsterdam ke alamat rumah lewat post: €30
Biaya terjemah tersumpah kartu PR (Residence Permit) dari Bahasa Belanda ke Bahasa Inggris: €70,12
Biaya terjemah tersumpah Kartu Keluarga (yang tinggal di Indonesia) dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris: RP. 150.000
Biaya GBA Internasional, minta ini dari kantor Gemeente wilayah kamu: €15
Biaya Surat Refensi dari Bank, kebetulan saya pemilik Perusahaan, mak harus bayar: €40
Biaya KvK (Bukti Surat Izin Perusahaan) dalam versi Bahasa Inggris, bisa ditelefon lewat kantor KvK, kena biaya: €15

 

SIAPKAN DOKUMEN

Sebelum kamu mengikuti langkah-langkah dibawah ini, ada baiknya, dokumen sudah di siapkan, antaranya:

  1. Paspor dalam kodisi bagus. Menurut informasi yang saya dengar, kalo 3 bulan sebelum keberangkatan, akan lebih baik mengajukan Visa. Dan jika kamu sudah pernah ke UK, tapi stiker Visa tertera di paspor lama, maka masukkan saja potokopi paspor lama tersebut.
  2. Potokopi Kartu Izin Tinggal (Residence Permit)
  3. Bukti buking pesawat. Coba pakai maskapai KLM, mereka akan melayani kamu dengan sangat ramah. Dan mengirimkan potokopi bukti buking (sesuai tanggal) lewat email.
  4. Bukti buking akomodasi, saya ambil ini lewat Booking.com denagan kondisi TIDAK KENA BIAYA PEMBATALAN
  5. Surat pernyataan dari kerjaan, karena saya punya perusahaan, maka saya mengirimkan potokopi dari Kamer van Kophandel, versi Bahasa Inggris The Netherlands Chamber of Commerce Business Regiter Extract.
  6. Surat Referensi dari Bank, kalau bukan Perusahaan, ini GRATIS minta dari Bank
  7. Potokopi Hak Milik Rumah, jika ada
  8. Surat Keterangan Asuransi, ini bisa diminta dari Kantor Asuransi kamu, tidak dikenakan biaya.

Semua dokumen diatas sudah ada dimeja kerja kamu, tinggal sekarang mulai melakukan trik dibawah ini secara online.

 

LANGKAH-LANGKAH

Sekali lagi, trik dibawah ini diTUJUKAN buat para WNI yang memegang kartu PR (tinggal di Belanda).
Coba ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini:

  1. REGISTRASI DIRI
    Pertama-tama harus membuat akun, coba klik link ini untuk buat akun. Ikuti perintah-perintah yang diminta untuk menyelesaikan pembuatan akun. Begitu akun selesai, kamu akan dapat konfirmasi e-mail dari GOV.UK.
  2. LOGIN
    Melalui email konfirmasi yang kamu trima, kamu sudah bisa login ke sistem, dan sudah bisa mulai mengajukan Visa secara online.
  3. JENIS VISA
    Beragam jenis visa yang tersedia, tergantung kebutuhan kamu mau ambil jenis visa yang mana. Karena saya berlibur hanya 4 hari di London, maka saya pilih jenis VISA STANDARD SERVICE, durasi 6 bulan.
  4. ONLINE FORMULIR
    Kini kamu tiba di bagian formulir online yang harus diisi, sebanyak 12 halaman. Ditambah Dokument Checklist 8 lembar.
    Jangan khwatir, jika kamu tidak bisa menyelesaikan ini semua dalam satu hari, maka kamu tinggal SAVE dokumen kamu, dan kembali lagi kapan mau. GOV.UK akan mengirim email link aplikasi kamu, sehingga kamu bisa melanjutkan pengisian formulir kapan kamu mau. Tinggal login lagi, masukkan alamat e-mail dan password kamu.
  5. BUAT JANJI
    Sekarang kamu tinggaal membuat janji, kamu tinggal memilih tanggal di agenda yang sudah disediakan
  6. ALAMAT KANTOR DAN JAM BUKA
    Alamat kantor untuk foto dan interview ada di Amsterdam, coba klik info lengkapnya disini.
    Meskipun kamu sudah submit potokopi dokumen, JANGAN LUPA bawa saja dokumen-dokumen kamu sewaktu interview di TLSContact Amsterdam. Terutama paspor dan kartu PR (Residence Permit) WAJIB asli dan ditunjukkan kepada petugas.

 

VISA DI SETUJUI

Setelah 14 hari kerja, saya menerima pesan dari GOV.UK lewat email, bahwa paspor saya sedang dalam perjalanan menuju TLSContact Amsterdam.
Tepat waktu, saya pun menerima pesan lewat SMS dari TLSContact Amsterdam bahwa paspor sedang dijalan menuju ke alamat rumah. TLSContact Amsterdam sekalian memberikan nomor tracking dari kurir DHL, sehingga saya bisa melacak sudah dimana itu si Kurir.

GOV.UK tidak memberitahukan apakah visa di setujui atau ditolak, makanya rada deg-deg serrr… Saya hanya bisa lihat stiker di paspor. Dari stiker tersebut Saya baru bisa lihat kalau pengajuan Visa ternyata di setujui. Alhamdulillah.

 

Visa UK di setujui. Alhamdulillah.

 

Semoga informasi diatas, dengan mengikuti cara saya (IndoHolland Tours), mengajukan visa sendiri ke Inggris bermanfaat! Semoga sukses! Dan tentu, jika ingin jalan bersama kami IndoHolland Tours, jangan sungkan-sungkan menghubungi kami. 😉

 

 

Tak ingin jalan sendiri? Toh rasanya lebih afdol bisa berjalan bersama sahabat yang se-Bahasa, se-tradisi di Belanda? Kami IndoHolland Tours siap membawa kamu dan ber-foto dengan hasil yang WOW! Ayo tungggu apa lagi!

IndoHolland Tours akan mengurus semua paket wisata kamu. Jalan-jalan bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berbahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang IndoHolland Tours, coba klik di situs resmi IndoHolland Tours.

Iklan