TRADISI HIDUP DI BELANDA

Beragam Keju, Berapa Kilo Boleh Dibawa Untuk Oleh-oleh? | Belanda


Ellyprachtig.blog– Belanda dan keju terkait erat. Selain enak untuk dimakan, ada banyak yang bisa diceritakan tentang keju.

Maka dari itu, saya berusaha mencari tahu fakta dan asal-muasal keju.

 

Beberapa hari yang lalu, seorang teman fesbuk, Acel asal Indonesia yang ngotot minta informasi. Acel japri saya lewat pesan fesbuk dan minta keterangan tentang berapa banyak keju ia bisa bawa pulang ke Indonesia. Ngakunya ke saya, ia datanga ke Belanda HANYA untuk berlanja keju dan kemudian balik lagi ke Indonesia. Wah, hebat benar nih Acel, harga tiketnya lebih mahal dari harga oleh-olehnya. 😉

Ternyata kasus seperti ini bukan hanya di alami oleh Acel, tak sedikit pelancong Indonesia yang mbontot keju sebagai oleh-oleh. Karena mereka memang doyan bawa pulang oleh-oleh khas negeri.

 

Gak usah banyak ngomong, saya akan langsung ke tema:

Jenis-jenis keju

Goudse kaasKeju Gouda adalah keju spesialisasi Belanda, keju matang dengan pematangan minimal 3 bulan. Disiapkan dari susu Belanda Utara, ini yang membuat keju matang juga creamy.

Boerenkaas Bieslookdisiapkan secara tradisional dari berbagai peternakan terpilih. Tambahan lokionya (bawang batak) mengkarakter keju semakin unik.

Geitenkaas: ini adalah keju yang terbuat dari susu kambing. Karena susu memiliki masa simpan yang terbatas, maka ia di olah menjadi keju.

Maasdam: adalah keju dengan rasa pedas yang agak manis. Keju ini juga bisa dikenali dari ‘mata’nya yang besar, yang merupakan lubang pada keju.

 

Beragam jenis keju bisa di beli di pasar

 

Taukah kamu… ?

  • Kalau Belanda memproduksi lebih dari 650 juta kilo keju per tahun, sehingga menjadikan negeri kecil ini penghasil keju terbesar keempat di dunia?
  • Untuk negeri yang memiliki lebih kurang 17 juta penduduk, berita seperti ini sangatlah menjadi hal yang sangat perlu dibanggakan, benar bukan?
  • Keju terbuat dari susu sapi. Biasanya setelah musim dingin yang panjang, para-para sapi akan di lepas di padang rumput. Dan membiarkan mereka memakan rumput-rumput yang baru tumbuh pada awal musim semi. Musim semi yaitu periode bulan April s/d Mei.
  • Semakin lama pematangan (semakin tua usia keju), semakin kuat pula rasa khas keju.
  • Kadar lemak keju biasanya ditunjukkan dengan angka dan tanda plus. Misalnya 48+, 30+, 20+. Ini berarti bahwa persentase lemak ditunjukkan per 100 g bahan kering dan BUKAN ditunjukkan per 100 g keju. Artinya, keju hingga 20+ ramping, keju hingga 20+ ringan.
  • Apakah orang Belanda sangat suka keju? Rata-rata, sekitar 17 kilogram keju dimakan per orang per tahun, dan biasanya dimakan sama roti.
  • Makan keju melindungi gigi terhadap kerusakan gigi. Ini karena peran dari kedua protein dan kalsiumnya yang ada dalam keju. Namun, ini bukan alasan untuk mengkonsumsi keju yang berlebihan. Jangan lupa cocokkan dengan program diet kamu, untuk menghindari asupan lemak total yang terlalu tinggi.

 

Guyonan “Kaaskoppen”

Kaaskoppen adalah gurauan yang sering di dengar di Belanda. Kaaskoppen berarti “Kepala keju”.

Guyonan muncul waktu di zamannya Napoleon menduduki Belanda. Dimana para petani Belanda bisa hidup dengan baik, terutama di daerah Gouda dan Bodegraven, yang lumbungnya penuh dengan keju kuning keemasan. Sayangnya, tentara Prancis mengetahui hal ini, sehingga para tentara pun rutin melakukan penggerebekan.

Singkat cerita, untuk mengamankan kekayaan mereka, maka para petani muncul dengan ide, yaitu menggunakan tong keju ini sebagai helm. Yang caranya, para petani memasukkan jerami dan kain-kain ke dalam tong, kemudian mengikat tali kulit ke sisi tong, untuk bisa ditempelkan di bawah dagu.

Sumpelan jerami dan kain-kain di dalam tong adalah, supaya kepala tidak sakit juga membuat kepala sedikit lebih nyaman. Ternyata ide helm ini mengamankan penjarahan di pertanian mereka. Maakaa lahirlah guyonan “Kaaskoppen”.

 

Orang Belanda mengenakan pakaian tradisional di pasar keju

 

Peraturan membawa keju

Setelah saya telusuri di situs-situs perdiskusian tentang peraturan ini, saya menemukan informasi tentang perarturan membawa keju, yang seperti biasa bahwa setiap negara memiliki peraturan masing-masing. Begitu juga negara Belanda memiliki aturan tertentu tentang apa yang boleh dan tidak diperbolehkan.

Kamu dapat membawa maksimum 5 kilo keju untuk penggunaan pribadi. Jika ingin membawa lebih banyak, harus membeli keju melalui perusahaan impor. Peraturan ini memiliki aturan yang serupa dengan negara-negara non-EU lainnya.

Tentu untuk informasi lebih meluas, tanyakan langsung pada pemilik toko penjual keju. Jangan lupa jelaskan bahwa kamu akan membawa oleh-oleh keju ke negara mana, dan berapa lama dalam pesawat terbang, karena ini berhubungan dengan pembungkusan anti kedap udara. Membungkus dengan rapat, membuat kwalitas keju awet serta tahan lama.

 

Objek wista berhubungan dengan keju

Bagi para pelancong yang datang ke Belanda dan benar-benar ingin ke pasar keju, ada beberapa pasar yang mungkin tidak boleh di lewatkan. Seperti misalnya pasar Gouda, Alkmaar atau Edam. Kota-kota ini memiliki pasar keju, yang menjadikannya populer terutama buat para wisatawan mancanegara.

 

Beragam keju di pabriknya atau tempat pembuatan keju

 

Peserta tur IndoHolland Tours sedang menonton demonstrasi proses pembuatan keju

 

 

Mengunjungi pabrik atau museum keju bersama IndoHolland Tours

Dengan ikutnya tur ini, kamu punya kesempatan menonton langsung pendemonstrasion proses pembuatan keju.

 

Tak ingin jalan sendiri? Toh rasanya lebih afdol bisa berjalan bersama sahabat yang se-Bahasa, se-tradisi di Belanda? Kami IndoHolland Tours siap membawa kamu dan ber-foto dengan hasil yang WOW! Ayo tungggu apa lagi!

IndoHolland Tours akan mengurus semua paket wisata kamu. Jalan-jalan bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berbahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang IndoHolland Tours, coba klik di situs resmi IndoHolland Tours.

 

Sumber: Kaasnl

 

http://www.ellyprachtig.blog

http://www.indohollandtours.com