TRADISI HIDUP DI BELANDA

Pasar Tradisional di Belanda | Indohollandtours.blog


Indohollandtours.blog– Pasar tradisional atau pekanan di Belanda. Dalam satu minggu para pedagang pasar di Belanda mulai buka lapak. Ada jual sayuran, rempah-rempah dari Asia, Indonesia, Vietnam, Thailand, Turki, Belanda, Maroko dan lainnya. 

 

 

Pasar tradisional diadakan biasanya di pusat kota atau di alun-alun kota. Seperti pedagang di Indonesia juga, pedagang menggunakan kereta atau sebuah meja panjang untuk meletakkan barang dagangan.

Sekelumit sejarahnya, semasa penguasa Romawi menduduki Belanda telah menciptakan kebiasaan ini selama berabad-abad. Tujuan mereka adalah pasar komoditas dijadikan satu wadah pertemuan antara si Pembeli dan si Penjual. Selain itu, mempertemukan orang-orang agar mengenal satu sama lain.

Seiring dengan jalannya zaman, pasar pun mulai populer. Apalagi musim panas, telah tiba, terik matahari tersenyum ramah, langit biru bersih nah cerah, tentu jalan-jalan ke pasar akan membawa suasana hati riang-gembira.

 

Kali ini saya belanja ikan dan sayur-sayur segar di pasar Grote Markt di kota Nijmegen.

Pusat kota (tertua) Nijmegen, Belanda

Pusat kota (tertua) Nijmegen, Belanda

 

 

Sayur-mayur, ikan segar dan buah-buahan. Bahkan sayur kangkung, bayem, tempe dan tahu

Di pasar menyediakan banyak sayur-sayur dan ikan segar, yang kadang saya tidak bisa temui di supermarket. Selain itu, harga di pasar agak miring di banding dengan harga swalayan biasa.

Yang paling mantepnya itu, di pasar saya bisa beli kelapa lengkap dengan batoknya, umbi-umbian, cabe seger, ikan dencis segar, sayur kangung, sayur bayem, sayur pare dan tauge dan rempah-rempah yang saya biasa belanja di Indonesia. Sehingga saya tidak rindu kuliner Indonesia, karena di Belanda ada semua.

Jika sayur-mayur ini tidak ada di pasar, atau habis, ini semua bisa di beli di Toko Asia. Enggak susah di dapat di Belanda!

Sayur kangkung, bayem, dan sayur pare

 

Kelapa lengkap dengan batoknya dan umbi-umbian

 

Sayuran dan cabe-cabe

 

Beragam jenis sayuran

 

Beragam jenis ikan segar

 

Beragam jenis ikan segar

 

Beragam jenis buah-buahan

 

 

Mie instan Indomie ditemukan di setiap swalayan

Mie instan Indomie adalah mie instan dari generasi ke generasi. Paling tidak, yang saya tau di negara asal saya Indonesia. Tanpa indomie rasanya ada yang kurang. 😉
Hingga kini, ternyata kebiasaan para pelancong dari Indonesia yang selalu mbontot mie instan ini di dalam kopernya, kemudian menikmati rebusan mie instan ini dalam perjalanan selama liburan keliling Eropa.

Ini sebenarnya tidak perlu, karena di Belanda mie instan ini dapat ditemukan di setiap swalayan! Bahkan, sering ada korting pulak! 😉

 

Mie instan Indomie di jual di pasar, maupun di swalayan-swalayan biasa

 

Menu ikan Kibling

Iklan kibling adalah benar-benar khas Belanda. Pedagang ikan goreng ada banyak di pasar. Saya pun tak pernah bosan memesan seporsi gorengan ikan dengan resep kibling, begitulah nama resep ini. Jenis seafood sangat beragam. Ada gorengan ikan, gorengan kerang, gorengan udang, gorengan cumi dll. Ditambah siraman saus beraneka pula. Yummy! Tak heran, jika para pedagang gorengan seafood selalu diantri.

 

Pedagang menjual beragam jenis seafood segar dan gorengan

 

 

Gorengan udang pake saos bawang putih “koktail saos”

 

 

Pelancong asa Indonesia

Gorengan ikan adalah tradisi cemilan Belanda. Kami tim dari IndoHolland Tours selalu memperkenalkan khas negeri ini kepada tamu-tamu kami. Tak henti-hentinya mereka memesankan kepada kami IndoHolland Tours “Mba Elly, nanti kalau saya kemari, atau teman-teman saya datang ke Belanda, jangan lupa bawa makan ikan kibling ya..”.  Ha..ha…kami semua tertawa lepas. Tentu senang dengar pesan ini.

Tentu saja, kami IndoHolland Tours akan selalu memperkenalkan segala tradisi dan kuliner Belanda kepada para tamu-tamu kami yang datang berkunjung ke Belanda.

 

Baca juga:

Wisata Terpopuler di Belanda
2 HARI | Pesona sampan di Giethoorn

 

Peserta tur IndoHolland Tours sedang menikmati gorengan ikan kibling

 

 

Keju dan roti

Keju dan roti adalah makanan sehari-hari warga Belanda. Maka tak heran jika bahan ini juga beredar di pasar, maupun di swalayan-swalayan. Dan tentu saja sama seperti di Indonesia, kalau beras punya banyak ragam. Nah, begitu juga di Belanda, banyak beragam jenis roti dan keju di pasarkan.

Baca juga: Berapa kilo keju Belanda boleh dibawa untuk oleh-oleh!

 

 

Beraneka jenis roti

 

Beraneka jenis keju

 

 

Tradisi bunga di Belanda

Negeri Belanda adalah negeri pecinta alam. Mereka ahli dalam melesatarikan lahan yang kecil menjadi sebuah tempat yang nyaman dan didatangi banyak orang. Negeri terdapat banyak taman-taman. Jika di musim panas banyak orang pergi ke taman sambil ber-piknik-ria. Di taman ada yang baca buku, ada yang leha-leha sambil dengerin musik dan tak sedikit orang-orang berkumpul ngalor-ngidul bersama teman-temannya.

Suasana taman tentu dikelilingi oleh bunga-bunga indah. Maka di pasar pun, banyak beragam bunga-bunga indah dijual.

 

Baca juga:

 

 

Beraneka jenis bunga-bunga

 

 

Jam buka pasar tradisional tergantung musim


Jam buka Pasar Tradisional Belanda bervariasi, artinya tergantung musim. Jika di musim panas (April s/d September), pasar buka mulai pukul 09.00 s/d 17:00. Dan jika di musim dingin (Oktober s/d Maret), pasar dibuka mulai pukul 09 s/d 16:00. Ini adalah jadwal untuk Pasar Grote Markt di Nijmegen, yang buka setiap hari Senin dan hari Sabtu.

 

Pasar di buka mingguan

Pasar di buka mingguan. Jadi setiap desa punya jadwal masing-masing, misalnya Desa A buka pasar setiap hari Jum’at dan Desa B buka pasar setiap hari Rabu dan seterusnya.

Setiap wilayah punya masing-masing jadwal buka pasar.

 

Cuaca Belanda 

Belanda memiliki iklim basah, dan sangat berubah-ubah, maka itu cuaca tidak dapat di prediksikan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ramalan cuaca di Belanda, bisa klik di Ramalan cuaca di Belanda hari ini.

 

 

Media Sosial IndoHolland Tours

 

YouTube

 

 

Instagram

Facebook Group Tour Leader Club (TLC)

Tour Leader Club(TLC) – Komunitas jalan-jalan, nge-blog, wisata dalam dan luar negeri.

Klik link Tour Leader Club disini: Grup Facebook Tour Leaader Club (TLC).

Tour Leader Club

Tour Leader Club (TLC) para traveler, pelancong, blogger

 

Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

Klik link nya disini: Facebook Elly Afriani (IndoHolland Tours)

 

Baiklah, siapa tau, artikel “10 Tempat wisata dalam 6 Hari, dari Athena lanjut Santorini” berguna.
Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau seputar pariwisata di Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

 

Happy traveling! ^_^

www.indohollandtours.COM
www.indohollandtours.BLOG

 

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Belanda di Eropa.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Belanda di Eropa Barat bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Belanda Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

Disamping itu, IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

Leave a Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s