Nusa Tenggara Timur

Berburu kadal raksasa di Pulau Komodo| Flores (Day 2)


Indohollandtours.blog – Melanjutkan perjalanan dari Pulau Kelor menuju Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca. Perjalanan memakan waktu lebih kurang 1,5 jam dengan kapal yang sama.

 

Hari ke-1: Aku bersama rombongan yang sama,12-orang peserta dan guide lokal yang sama pula.

 

Ketibaan kami di Taman Nasional Komodo Pulau Rinca agak terlamat, tampak pada foto dibawah ini, matahari mulai terbenam.

Melalui gerbang ini kami masuk ke dalam Taman Nasional Komodo, dan masih tetap bersama Guide lokal bang Emanuelle Bey.


Di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, komodo dapat ditemukan di tiga pulau besar, yaitu di Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, pulau kecil yaitu di Gili Montang dan Nusa Konde. Aku beserta rombongan berkunjung ke Taman Nasional Komodo yang ada di Loh Buaya Pulau Rinca.

Taman Nasional Komodo yang terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat ini di nobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh Unesco, pada tahun 1991.

Dan, begitu kami berada di resepsionis Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca, kami di sambut oleh para Ranger, yang kemudian kami  di himbau untuk berkumpul di tengah-tengah Taman, guna di beri keterangan mengenai peringatan dan peraturan sebelum bertatap muka dengan para Komodo.

“Komodo adalah sepsies karnivora (pemakan daging). Penciumannya bisa mencapai jarak sampai ±4 km, tergantung dari arah angin yang berhembus.

Kedatangan kami adalah kedatangan pada musim kawin para Komdo. Musim kawin yaitu mulai bulan Juli s/d bulan Agustus.

Kemudian salah seorang Ranger melanjutkan keterangannya, bahwa Komodo betina dapat menghasilkan telur sebanyak ±30 butir telur setiap sarangnya, dan akan menetas 6 sampai 9 bulan kemudian”.

Foto dibawah ini, adalah seekor komodo tergeletak sehabis makan. Sayangnya, hanya satu komodo ini yang kami temukan pada saat itu. Tetaplah BERHATI-HATI, karena ini komodo nampaknya tertidur. Namun ia sebenarnya sangat sadar akan di sekitarnya yang setiap saat bisa saja menyerang, sama seperti buaya, begitu informasi dari para Ranger.

Foto di bawah ini adalah foto pemandangan alam di sekitar Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca.

Beginilah cerita singkat perjalananku sewaktu aku berburu kadal terbesar di dunia di Pulau Rinca, akhir bulan Juli 2017.

Jika membutuhkan guide lokal untuk trip kemari, mungkin  nomor telefon Abang Emanuelle Bey bermanfaat. Nomor beliau adalah +62(0)82175703678.

 

 

Baca juga:
Hari 1 | Alam belum terjamah di Pulau Kelor, Flores
Hari 2 | Berburu kadal raksasa di Pulau Komodo, Flores
Hari 2 | Menggapai matahari dari atas Pulau Padar, Flores
Hari 2-3 | Sekali mendayung tiga pulau terlewati, Flores
Hari 4 | Tujuh rumah adat berkentuk kerucut milik Desa Waerebo, Flores
Hari 5 | Sawah Lodok Cara di Ruteng, Flores
Hari 6| 3 Danau berbagai warna di Kelimutu Flores  

 

 

Media sosial IndoHolland Tours 

 

YouTube  

Ingin nonton vidionya di YouTube channel IndoHolland Tours? Film singkat durasi sekitar 20 menit, vidionya saya selipkan embednya di bawah ini: 

 

Jalan-jalan Nusantara, jelajah Flores, Indonesia

 

 

Baiklah, siapa tau, artikel Hari 2 | Berburu kadal raksasa di Pulau Komodo, Flores” bermanfaat. Apabila ada pertanyaan sekitar liburan atau Pariwisata Belanda, bisa hubungi saya kapan saja.

 

Happy traveling! ^_^

 

www.indohollandtours.COM
www.indohollandtours.BLOG 

 

 

 

 

 

 

Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours hanya melayani paket Wisata Belanda dan paket Wisata Eropa. Kami spesialisasi dalam merancang liburan Eropa, berangkat dari Belanda.

Jalan-jalan ke Amsterdam Belanda? Toh lebih asik ikut paket tour Eropa dari Belanda bersama sahabat yang seBahasa dan setradisi? Kami IndoHolland Tours siap merancang tour paket paket wisata Belanda. Mau paket honeymoon? Bisa diatur! Dijamin, foto-foto liburan keliling Eropa Anda akan menguraikan semuanya. Baik Paket Tour maupun Paket Travel yang ada di IndoHolland Tours komplit


Biro Perjalanan Wisata IndoHolland Tours juga menyediakan one day trip Belanda. Paket trip nya sangat beragam. Trus, paket tour murah pulak! Biro Perjalanan Wisata atau Tours and Travels yang mengatur urusan liburan Belanda hanya ada di 
IndoHolland Tours. Yuk, travel ke luar negeri.

IndoHolland Tours akan mengurus semua paket wisata Belanda. Dan rute berangkat dari Belanda sampai ke destinasi Eropa. Disamping itu,IndoHolland Tours juga menyediakan paket wisata mengunjungi pulau-pulau indah negeri Belanda, misalnya Pulau Texel. Jalan-jalan ke Belanda bersama IndoHolland Tours, dimana Anda akan menerima pelayanan dengan pemandu wisata profesional, mahir berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, juga berBahasa Belanda. Karena pemilik Biro Perjalanan Wisata adalah orang Indonesia, yang tinggal di negeri Belanda sudah lebih dari 15 tahun. Jika ingin mendapat keterangan lebih tentang siapakah IndoHolland Tours, maka periksa situs resmi IndoHolland Tours. Ayo, liburan ke Belanda!

IndoHolland Tours 
Let’s discover together!

7 replies »

    • Halo Adam, thank you sudah mampir ke Blog saya.;-)
      Iya emang ngerih, sy jg deg-degan waktu itu. Alhamdulillah guide lokal dan ranger sudah siap mengawasi. Mudah2an semuanya berjln dgn lancar.
      Terus terang, dari semua objek wisata yang saya sudah kunjungi, Flores ini mang benar2 tidak ada duanya! 😉

      Like

    • Trimkasih Dian, uda mampir..;-)
      Tetasan telur dilindungi oleh komodo sendiri, komodo2 biasanya suka simpan telurnya d pohon. Komodo yg jaga sendiri, mreka sgt sensitif kalau di dekati, apalagi klo pas musim kawin gitu, mreka takut klo ada yg ganggu telur2nya..

      Like

Leave a Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s